PANTAI SPOT PASIRAN (SURF-FISHING) WILAYAH SELATAN DIY-JATENG (part.2)


  • Spot Surf Fishing Wilayah Bantul, DIY (part. 2)


Pantai Parangndog
Pantai yang terletak di wilayah Bantul, Yogyakarta ini bersebelahan dengan pantai Parangtritis, tepat di sebelah timurya. Untuk menuju kesini kamu harus melewati dan memarkir kendaraan di wilayah timur Parangtritis. Dari Parangtritis menuju ke timur sekitar 500m dengan berjalan kaki atau bisa juga menggunakan jasa dokar/kereta kuda kecil yang biasa menjajakan jasa keliling seputaran pantai.
Target ikan disini kebanyakan megan(dart-fish), pompano(gatho), caru(GT), dan ikan-ikan karang, karena lokasi pantai ini bersebelahan dengan tebing karang yang juga sebagai spot rock-fishing dan pemancing jogja biasa menyebut spot watu mejo.

Pantai Parangtritis
Tentunya sangat tidak asing ditelinga kita jika mendengar nama pantai ini, Parangtritis. Hamparan pantai luas di selatan Bantul, Jogjakarta yang menjadi salah satu obyek wisata unggulan di daerah ini.
Hingga saat ini masih banyak pemancing Jogja dan luar kota yang mengail disini, walaupun kadang mereka mencoba peruntungan disisi sebelah timur yang cukup lengang untuk melempar kail. Teksur pantai ini lebih banyak dataran/pelataran dan cekungan/lebengan/lebeng lebih banyak menjorok ke selatan ke arah laut. Beberapa pemancing yang cukup memahami medan dan berpengalaman disini lebih memilih berbasah-ria dengan cara ngoyor agar mendekat ke lebeng yang di tengah. Namun hati-hati jika kamu belum cukup memahami dan berpengalaman di pantai ini. Keselamatan adalah yang utama broo..!
Disini para penggila pasiran sering hooked-up ikan pari, ikan gatho(permit), ikan megan, ikan caru, ikan surung/senangin, dan samangati. Kadang jika memancing disini kita akan bertemu beberapa orang pencari undur-undur(crab-sand/emeriti). Mau mencoba?

Pantai Parangkusumo
Sebuah pantai disebelah barat pantai parangtritis yang juga cukup potensial ketika musim ikan bojor(sand-whiting). Jika memancing di pantai ini tidak perlu khawatir kehabisan bekal, disebelah utara pantai banyak terdapat pedagang seperti air minu, snack, bahkan undur-undur sebagai umpan mancing dan kebanyakan mereka buka 24 jam sehari.
Kamu bisa menargetkan ikan – ikan penghuni pantai seperti bojor(sand-whiting), gatho(permit), surung/laosan, dan bekukon(bream-fish).

Pantai Pelangi
Landed Luthok/Lundu di pantai Pelangi, Bantul
Untuk alternatif berikutnya bisa dicoba pantai yang berlokasi di sebelah barat Parangkusumo, pantai Pelangi. Pantai ini potensial dari segi lokasi dan target-target ikan yang sering naik. Disini kita bisa menitipkan kendaraan di tempat pak Riyanta, seorang penghobi mancing pasiran yang tinggal di sebelah utara jalan masuk pantai Pelangi. Di rumah Pak Riyanta juga ada warung snack dan makanan, serta kadang menjual undur-undur.
Target ikan disini biasanya beberapa monster GT, Gatho, Luthok/lundu, ikan pari, butonogo(sejenis hiu bambu berwarna cokelat), bojor, bekukon, megan, terongan(kerang-kerong). Beberapa rekor monster yang pernah naik disini adalah caru(giant-trevally) 30kg, gatho/pompano 20kg, dan ikan pari 16kg. Namun setelah gempa 2006 beberapa monster jarang terlihat, terakhir hanya beberapa luthok, ikan pari, dan caru +/- 3kg yang sering terlihat landed.


Pantai Depok
surf-fishing di pantai depok, Bantul
Salah satu wisata kuliner di Bantul, yang juga menjadi andalan wisata daerah. Di pantai ini banyak terdapat suangan/lebeng sebagai tempat ikan monster mencari makan. Banyak dari pemancing lokal dan luar kota hooked up ikan-ikan pasiran disini. Dan tempat ini berada tidak jauh dari pantai Pelangi, tepatnya sebelah barat. Untuk kesini dari pantai Pelangi hanya dengan mengikuti jalan aspal disebelah utara pantai, kurang-lebih sekitar 5-10 menit dengan kendaraan(mobil/motor). Ya misalkan kamu cukup kuat bisa juga berjalan kaki sambil menikmati pantai.
Target ikan disini tidak jauh beda dengan pantai-pantai yang kita bahas sebelumnya. Dari mulai pantai Parangndog hingga pantai Depok ini adalah satu garis pesisir. Tanpa pemisah sungai ataupun muara. Muara hanya ada di sebelah barat pantai Depok.

NEXT>>    PREV <<

Komentar

  1. bingung mau ngapain mari bergabung dengan kami difans poker
    Dapatkan juga Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    ditunggu ya ^-^

    BalasHapus

Posting Komentar

Populer