PANTAI SPOT PASIRAN (SURF-FISHING) WILAYAH SELATAN DIY-JATENG (part.3)


  • Spot Surf Fishing Wilayah Bantul, DIY (part. 3)
    mercusuar pantai Pandansari, Bantul, Jogjakarta
Pantai Samas
Sekarang kita melewati muara dan sampailah di pantai Samas, masih di kabupaten Bantul, Jogja. Pantai ini sempat menjadi bahan perbincangan karena abrasi yang cukup parah, hingga bibir pantai menjalar ke arah utara puluhan meter. Di pantai Samas juga terdapat konservasi penyu laut, ingat jangan memburu binatang ini!
Untuk mencapai ke tempat ini dari pusat kota Jogja cukup mudah, hanya melewati jalan bantul kota terus ke selatan hingga melihat tanda arah pantai Samas, dan ikuti alat penujuk arah tersebut. Kurang lebih sekitar 1 jam dari pusat kota Jogja(lalu-lintas normal dan lancar).
Disini kamu bisa memancing dengan target ikan pari, ikan bojor, ikan gatho, dan kadang ada caru(GT) yang menepi dengan ukuran monster. Di dekat pantai juga banyak terdapat warung makan yang buka hingga malam.

Pantai Pandansari
Wilayah pesisir bantul selatan cukup luas, sekarang kita sampai di pantai Pandansari di wilayah sebelah barat pantai Samas. Pantai ini salah satu favorit pecinta surf-fishing di wilayah DIY, bahkan juga sering pemancing luar Jogja mengail disini. Pantai dengan corak pasir hitam ini merupakan tempat bernaung beberapa spesies ikan target pasiran. Sering dijumpai pemancing yang strike ikan pari, ikan gatho, dan megan. Pantai yang dilewati jalan raya jalur selatan ini juga cukup ramai ketika akhir pekan karena merupakan tujuan wisata warga Bantul dan luar kota.

Pantai Goa Cemara
sambil bersantai di pantai Goa cemara
Tidak jauh dari pantai Pandansari terdapat pantai yang rimbun oleh puluhan hingga ratusan pohon cemara laut (Casuarina equisetifolia), yang terkenal dengan nama pantai Goa Cemara. Di sini cukup rindang oleh pepohonan cemara yang tumbuh dipinggiran jalan jalur sebelah utara pantai hingga membentuk seperti goa, maka itulah pantai ini dinamakan.
Tidak jauh berbeda dari pantai Pandansari, ikan disini kurang lebih sama. Biasa pemburu ikan bojor dan penduduk lokal yang sering menjaring ikan dengan jala beraktivitas di akhir pecan dan hari-hari ketika cuaca cukup bagus.

Pantai Kuwaru
Tidak jauh ke arah barat sekitar 500 meter terdapat pantai yang juga ada tempat pelelangan ikan, pantai Kuwaru. Pantai yang cukup popular dikalangan pemancing DIY dan sekitarnya ini memang spot yang potensial untuk tekhnik pasiran. Hampir setiap hari banyak pemancing lokal maupun dari luar daerah untuk menikmati tarikan ikan disini.

Disambut Matahari terbit di pantai Kuwaru, Bantul
Sering terpantau beberapa monster gatho hooked-up di pantai ini. Hal inilah yang menarik minat pecinta pasiran hingga tidak pernah bosan untuk mengadu kail disini. Bahkan komunitas pemancing Jogja dan sekitarnya sering menggelar even turnamen memancing pasiran di sini.
           

Selain pemancing, pantai ini juga ramai oleh wisatawan pada hari biasa apalagi ketika akhir pekan.
Sebelah timur pantai Kuwaru terdapat salah satu spot andalan para pemancing Bantul, spot Indokor. Spot yang terletak di belakang/selatan PT indokor ini cukup menjanjikan. Sering ditemui beberapa pemancing strike monster caru/GT dan Gatho/permit. Sekitar 200 meter ke timur dari pantai Kuwaru untuk mencapai spot ini.

Pantai Pandansimo
Sekitaran 500 meter kebarat setelah pantai Kuwaru terdapat satu spot pasiran yang dikenal pantai Pandansimo. Pantai yang bertetanggaan dengan pantai Baru ini lumayan dikenal oleh pecinta pasiran di wilayah Bantul dan sekitarnya.

Pandansimo dan pantai baru sebenarnya berjarak tidak jauh hanya beberapa meter, kurang lebih sekitar 200 meter jika diturut melewati bibir pantai. Disini juga terdapat beberapa cekungan/lebeng seperti pantai-pantai sebelumnya. Hanya jarang ikan besar terlihat. Pernah ada landed ikan besar, namun tidak sesering di pantai Kuwaru dan spot Indokor. Tapi cukup menyenangkan juga memancing di daerah ini.


NEXT >>   PREV <<



Komentar

  1. bingung mau ngapain mari bergabung dengan kami difans poker
    Dapatkan juga Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    ditunggu ya ^-^

    BalasHapus

Posting Komentar

Populer